Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) masih melakukan upaya untuk mewujudkan civitas akademika yang berkomitmen ber-Muhammadiyah. Salah satu caranya yaitu dengan Membangun Pemahaman Keagamaan Menurut Muhammadiyah Bagi Dosen UMY.

Dalam hal ini, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY mengadakan Baitul Arqom (BA) yang bekerjasama dengan Badan Pembina Harian (BPH) UMY dan juga Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) UMY, pada tanggal 15-21 Maret 2019 di Ruang Rapat Hotel @K, Kaliurang, Yogyakarta.

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 gelombang dan diikuti oleh seluruh dosen UMY yang belum mengikuti Baitul Arqom ditahun sebelumnya. pembukaan Baitul Arqom disambut langsung oleh  ketua LPPI UMY Dr. M. Khaeruddin Hamsin, Lc, M.A, dan dibuka oleh BPH UMY.

Materi yang disampaikan dalam Baitul Arqom diantaranya “Peran Tauhid Dalam Kehidupan”, “Matan Keyakinan Dan Cita-Cita Muhammadiyah”, Manhaj Tarjih Muhammadiyah”, “PHIWK : Pengamalan Islam Dalam Kehidupan Kampus UMY”, “Manajemen Organisasi dan Akhlak BerMuhammadiyah”, dan “PTM Sebagai Media Dakwah daan Kaderisasi”

Baitul Arqom ini diharapkan dapat membangun pemahaman agama menurut Muhammadiyah dan memperkuat komitmen ber-Muhammadiyah seluruh Dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Seluruh Dosen Juga diharapkan dapat menerapkan apa yang sudah didapatkan dalam perkaderan beberapa hari di Kaliurang,  Yogyakarta.