Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) masih melakukan upaya untuk mewujudkan civitas akademika yang Unggul dan Islami. Salah satu caranya adalah dengan Islamisasi Ilmu Pengetahuan.

Dalam hal ini, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY mengadakan workshop Islamisasi Ilmu bagi seluruh dosen Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) UMY yang bekerjasama dengan Pusat Islamisasi Ilmu Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, pada tanggal 23-24 Agustus 2018 di Gedung Pascasarjana UNIDA Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen AIK UMY dan disambut langsung oleh wakil rektor 1 UNIDA, Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.Ed., M.Phil, serta Direktur Pusat Islamisasi Ilmu UNIDA, Dr. M. Kholid Muslih, M.A, dan dibuka oleh ketua LPPI UMY Dr. M. Khaeruddin Hamsin, Lc, M.A, pada hari Kamis (23/8).

Materi yang disampaikan dalam Workshop Islamisasi Ilmu ini diantaranya, Sekularisme, Sekularisasi dan Westernisasi Sebagai Latar Belakang Gerakan islamisasi yang di isi oleh Hasib Amrullah M.Ud; Worldview Islam Sebagai Asas Islamisasi serta Gagasan Intergrasi dan Islamisasi Ilmu, Sejarah, Tokoh, dan Proses yang keduanya diisi langsung oleh wakil rektor 1 UNIDA; Islamisasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Sains oleh Dr. Nurhadi Ihsan, MIRKH dan materi yang terakhir adalah Gagasan dan Penerapan Islamisasi Ilmu UNIDA oleh Direktur Islamisasi UNIDA yaitu Dr. M. Kholid Muslih, M.A.

Sebelum berkahirnya kegiatan workshop tersebut dilakukan pengayaan dan pendalaman materi bagi seluruh peserta. Harapannya agar apa yang telah disampaikan bisa benar-benar menjadi ruh dari seluruh kegiatan pendidikan di Universitas dan dalam upaya penerapan Islamisasi Ilmu di UMY. (sa/da)