Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) masih melakukan upaya untuk mewujudkan civitas akademika yang Unggul dan Islami. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an.

Dalam hal ini, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) UMY mengadakan bimbingan membaca danmenulis Al-qur’an yang dilakukan setiap Senin sampai Jum’at. Bimbingan ini berjalan selama satu tahun atau dua semester berturut-turut. Terdapat ujian kompetensi untuk kenaikan tingkat belajar Al-qur’an setiap satu semester dua kali.

Memasuki semester genap, Sabtu (9/02) telah dilakukan evaluasi bimbingan baca tulis Al-qur’an sekaligus koordinasi memasuki semester genap yang akan di mulai Senin (11/02). Setiap pembimbing atau pengajar di bagikan kelompok dan jadwal pada saat koordinasi dilangsukngkan.

Diharapkan pencapaian prestasi pada semester genap ini meningkat secara signifikan dan banyak mahasiswa yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.