Pengkajian

Tugas pokok Bagian Kajian antara lain mengadakan:

1. Short Course Al-Islam atau Kajian Islam Intensif (KII) untuk Dosen Umum di lingkungan UMY, PTM, PTN dan PTS lainnya.
2. Kajian Tematik dan Seminar sekitar persoalan AIK yang Aktual & Mendasar
3. Penerbitan Buku Teks Perkuliahan, Hasil Kajian & Seminar
4. Bedah Buku

Ad. 1. Short Course Al-Islam

Short Course al-Islam atau disebut juga Kajian Islam Intensif (KII) bertujuan untuk meningkatkan kualitas keberagamaan dan akademik di bidang keislaman dan kemuhammadiyahan dosen umum di lingkungan UMY. Kegiatan Kajian Islam Intensif ini termasuk kegiatan prioritas dalam pembinaan personalia dosen dengan harapan untuk membentuk fikrah (pola pikir) Islami sehingga mereka mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam Mata Kuliah Umum yang mereka ajarkan.

Kegiatan ini diselenggarakan seminggu sekali sebanyak 12 kali pertemuan atau selama 3 bulan lamanya di mana setiap pertemuan berlangsung sekitar 100 menit. Tujuan Materi dalam Kajian Islam Intensif ini ditekankan pada Islam untuk disiplin ilmu (IDI) dan dikemas dalam satu paket kegiatan yang meliputi atas penyajian materi, diskusi kelompok dan diskusi paripurna. Untuk tahun ajaran 2000-2001, Kajian Islam Intensif telah diikuti oleh seluruh dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang terbagi atas kelompok eksakta dan kelompok sosial. Kelompok eksakta meliputi atas Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran. Sedang kelompok sosial meliputi atas Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Isipol. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam Kajian Islam Intensif ini, telah dilakukan pertemuan awal antara LPPI UMY dengan koordinator pengajian di tingkat fakultas guna mempertajam materi Kajian Islam Intensif.

Untuk kegiatan pembinaan Kajian Islam Intensif, bersifat mengikat dan wajib diikuti oleh para dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta secara bergiliran.

Ad. 2. Kajian Tematik, Seminar dan Pelatihan

Kajian ini membahas tentang pelbagai isu-isu keagamaan kontemporer, aktual dan mendasar, baik di bidang sosial, ekonomi, politik, budaya, pendidikan, hukum, filsafat-pemikiran, dan lain sebagainya, dengan menghadirkan para pakar di bidangnya.
Sementara untuk Pelatihan, bisa berbentuk Pelatihan Penelitian Hadis melalui komputer, Pelatihan Ilmu Hisab bekejasama dengan Pusat Studi Falak dan Majelis Tarjih

Ad. 3. Penerbitan Buku & Koleksi Buku / CD. Pustaka Islam

1. Penerbitan buku teks perkuliahan dan hasil seminar
2. Penjilidan majalah-majalah yang terkait dengan persoalan sosial keagamaan
3. Penambahan buku-buku dan kitab-kitab induk khususnya yang berbahasa Arab dan Inggris.
4. Pembelian majalah/jurnal ilmiah yeng relevan dengan keislaman, baik dalam maupun luar negeri.
5. Koleksi file/disket/CD dan rekaman kaset ceramah, seminar dan kajian LPPI., serta koleksi skripsi/tesis/disertasi yang terkait dengan pemikiran Islam.

Ad. 4. Bedah Buku

Bedah buku terbitan terbaru yang relevan dengan misi LPPI, dilaksanakan minimal 2 kali setahun dan dapat dilakukan dalam bentuk kerjasama.